LAPORAN BACAAN BAB “PENALARAN”

    Penalaran (reasoning, jalan pikiran) adalah suatu proses berpikir yang berusaha menghubung-hubungkan fakta-fakta atau evidensi-evidensi yang diketahui menuju kepada suatu kesimpulan.

Penalaran bukan saja dapat dilakukan dengan mempergunakan fakta-fakta yang masih berbentuk polos, tetapi dapat juga dilakukan dengan mempergunakan fakta-fakta yang tellah dirumuskan dalam kalimat-kalimat yang berbentuk pendapat atau kesimpulan. Untuk menjelaskan hal itu perhatikan contoh berikut :

    Semua manusia akan mati pada suatu waktu.

    Beberapa orang indonesia memiliki kekayaan yang berlimpah-limpah.

    Kota Bandung hancur dalam perang dunia kedua karena bom atom.

    Semua gajah telah punah tahun 1980.

Keempaat kalimat diatas merupakan Proposisi. Kedua kalimat yang pertama dapat dibuktikan kebenarannya, dan kedua kalimat terakhir dapt ditolak karena fakta-fakta yang ada menentang kebenarannya. Tetapi keempatnya tetap merupakan proporsisi. Proposisi adalah sebuah kalimat tetapi tidak semua kalimat adalah proporsisi.

 

Arumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penlis atau pembicara. Untuk itu akan di kemukakan pertama-tama masalah penalaran yaitu bagaiman adapat merumuskan pendapat yang benar sebagai hasil dari suatu proses berfikir untuk merangkai fakta-fakta menuju suatu kesimpulan yang dapat di terima oleh akal sehat.

    Dalam tulisan sering kita mengutip pendapat orang yang terkenal untuk memperkuat pembuktian kita. Tetapi harus diperhatikan bahwa kemashuran dan kebesaran seseorang tidak selalu bisa dijadikan alasan untuk mengutip begitu saja pendapat dan pikiran autoritas itu tanpa memberikan suatu penilaian yang kritis. Yang benar adalah bahwa orang itu menjadi besar dan terkenal karena pendapat dan pikiran nyayang di terima dan di kagumi orang sebagai pendapat dan pikiran yang benar dan luhur.

    

~ oleh rockyeah pada Maret 22, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: