Prefix, Infix, dan Postfix/Sufix.

Prefix, infix, dan postfix adalah suatu cara penulisan ungkapan-ungkapan yang rumit, misalnya pemakaian tanda kurung dalam operasi matematika. Ketiga bagian ini merupakan bentuk penulisan notasi matematis pada komputer.

 

  • Prefix adalah metode penulisan dengan meletakkan operator di depan operand dan tanpa menuliskan tanda kurung.
  • Infix adalah cara penulisan ungkapan dengan meletakkan operator di antara dua operand dalam hal ini pemakaian tanda kurung sangat menentukan hasil operasi.
  • Postfix adalah metode penulisan dengan menuliskan operator setelah operand dan tanpa menuliskan tanda kurung.

 

Contoh Infix,postfix,prefix 1

 

 

Contoh penulisan sufix adalah AB + , AB + C – , AB + CD -*.

Salah satu contoh proses pengubahan infix menjadi postfix dari karakter:

( A + B ) / (( C – D ) * E ^ F)

 

 

Implementasi Proses Konversi Notasi Infix ke Notasi Postfix

Dari operasi dasar yang dapat diterapkan pada suatu stack tersebut, tahap kedua dari pelaksanaan konversi notasiinfix ke notasi Postfix adalah merancang bangun algoritma proses konversi, dengan cara melakukan perbandingan isi operator yang berada di dalam stack dengan operator yang dibaca untuk dimasukan dalam stack. Adapun proses perbandingan tersebut di lihat berdasarkan tingkatan operator yang tertuang dalam tabel berikut :

Tabel 3. Perbandingan Operator dalam stack dan operator yang dibaca

Operator

Nilai operator dalam stack

Nilai operator yang dibaca

)

  

0

(

0

5

+,-

2

1

*,/

4

3

 
 

Berdasarkan tabel tersebut suatu operator yang dibaca dan akan dimasukan ke dalam stack, terlebih dahulu melalui proses perbandingan nilai dengan operator yang ada di dalam stack sebelumnya. 

KESIMPULAN

Aplikasi konversi notasi infix ke notasi Postfix merupakan salah satu sarana untuk dapat mengetahui proses perhitungan aritmatika dalam mesin kompilasi. Penggunaan stack tersebut juga dapat dipakai untuk metode lain seperti membuat matching parentheses, maupun uji palindrome disamping penggunaannya dalam proses konversi notasi ini, yang perlu dipahami adalah suatu stack pada dasarnya merupakan array yang memuat 2 informasi penting yaitu NOEL yang berfungsi untuk mengetahui jumlah tumpukan dan TOP yang berfungsi untuk menentukan posisi puncak dari suatu stackStack juga memiliki 2 kondisi yang dapat menyebabkan error yaitu kondisi underflow jikastack tersebut dalam keadaan kosong dilakukan operasi ambil data (pop) dan kondisi overflow jika stack dalam keadaan penuh dilakukan operasi penambahan data. Kedua posisi ini dapat menyebabkan stack dalam keadaan tidak valid sehingga penggunaan error trapping untuk menampung kondisi tidak valid perlu diperhatikan.

Notasi infix yang umum digunakan oleh berbagai kalangan dalam melakukan suatu proses perhitungan aritmatika dapat *** disusun ke dalam notasi Postfix yang digunakan oleh mesin kompilasi sehingga pengetahuan tentang penggunaan notasi aritmatika akan lebih luas.


 

~ oleh rockyeah pada Oktober 19, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: